Senin, 09 Mei 2011

SUJUD SAHWI

Diriwayatkan dari Abdullah
bin Mas’ud r.a. : Nabi
Muhammad Saw. mengerjakan
shalat, dan ketika Nabi
Muhammad Saw. telah
menyelesaikan shalatnya
beliau ditanya,“Ya Rasulullah
SAW! apakah ada perubahan
dalam shalat?” Nabi
Muhammad Saw. bersabda,
“apa maksud pertanyaan itu?”
orang-orang berkata,”jumlah
(rakaat) shalat anda lebih
banyak dari biasanya”. Maka
Rasulullah SAW pun
menekukkan kakinya,
menghadapkan wajahnya ke
arah kiblat dan mengerjakan
sujud dua kali (sujud sahwi)
dan menyelesaikan shalat
dengan taslim. Sambil melihat
ke arah kami, Nabi
Muhammad Saw.
bersabda,”apabila ada sesuatu
yang berubah di dalam shalat,
tentu aku akan memberitahu
kalian tetapi aku manusia
biasa seperti kalian, dan
sebagaimana kalian suatu saat
aku bisa lupa. Oleh karena itu
bila aku lupa, ingatkan aku.
Dan apabila seseorang ragu
terhadap shalatnya, ia harus
mengikuti apa yang
menurutnya benar dan
melengkapkan shalatnya dan
menyelesaikannya lalu
bersujud dua kali (sujud
sahwi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar