Senin, 16 Mei 2011

MEMBERIKAN HARTA WARIS YANG CUKUP UNTUK AHLI WARIS

Diriwayatkan dari Sa’d bin Abi
Waqqash ra. : pada tahun Haji
penghabisan (wada’) Nabi
Muhammad Saw, aku
mengalami sakit parah dan
Nabi Muhammad Saw
mengunjungiku seraya
mendoakan kesehatanku. Aku
berkata kepada Nabi
Muhammad Saw, “aku lemah
karena sakitku yang parah ini
padahal aku kaya dan aku
tidak punya ahli waris kecuali
seorang anak perempuan.
Haruskah aku menyedekahkan
2/3 kekayaanku?”
Nabi Muhammad Saw
bersabda,“tidak”. Aku
berkata, “setengah?” Nabi
Muhammad Saw bersabda,
“tidak”. Kemudian Nabi
Muhammad Saw bersabda,
“1/3. bahkan 1/3 telah cukup
banyak. Lebih baik kamu
meninggalkan ahli warismu
dalam keadaan berkecukupan
daripada meninggalkan
mereka dalam keadaan
miskin, mengemis kepada
orang lain. Kau akan
memperoleh pahala dari
sedekah yang dikeluarkan
dengan niat karena Allah,
bahkan untuk yang kau
suapkan dalam mulut
istrimu”.
Aku berkata, “ya Rasulullah,
apakah aku akan sendirian
ketika para sahabatku telah
pergi?”. Nabi Muhammad Saw
bersabda, “jika kamu
ditinggalkan, apapun yang kau
kerjakan akan mengangkatmu
ke tempat yang tinggi. Dan
mungkin saja kau akan
berumur panjang hingga
(datang suatu saat ketika)
sebagian orang mengambil
keuntungan darimu dan
sebagian yang lain mengambil
kemudaratan darimu. Ya
Allah, lengkapkan hijrah para
sahabatku dan jangan biarkan
mereka berpaling”.
Dan Rasulullah Saw merasa
sedih dengan meninggalnya
Sa’d bin Khaulah yang miskin
di Makkah. (sedangkan
sepeninggal Nabi Muhammad
Saw, Sa’d bin Abi Waqqash
hidup dengan umur yang
panjang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar